Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) yang didirikan oleh maestro seni Bagong Kussudiardja (1978) merupakan organisasi nirlaba yang menjalankan misinya dengan menciptakan berbagai Program yang mendukung dinamika di ekosistem seni budaya. PSBK bekerja sama dengan berbagai kalangan lintas sektor demi terwujudnya pemanfaatan ruang PSBK untuk transfer pengetahuan, apresiasi seni dan laboratorium kreatif bagi masyarakat (selengkapnya bisa dibaca di menu About) PSBK membuka kesempatan bagi individu yang:
- Ingin menjadi bagian penting penggerak misi PSBK dalam mendukung inovasi artistik, pembelajaran kreatif, dan penyediaan akses seni bagi masyarakat luas
- Proaktif dalam kerja sama tim dan nyaman bekerja secara sistematis
- Bersedia mengikuti masa percobaan 3 bulan dan kontrak kerja hingga akhir tahun fiskal 2025
Untuk bergabung dalam struktur kelembagaan PSBK melalui posisi: - Administrasi Keuangan & Perkantoran
- Administrasi Rumah Tangga & Fasilitas
- Administrasi Program
- Administrasi Komunikasi
Syarat Pendaftaran
Kriteria Umum - Memiliki pengalaman kerja yang relevan selama 1-2 tahun
- Memiliki pengalaman berorganisasi
- Cakap bekerja sama dalam tim, problem solving, menyampaikan inisiatif dan keadministrasian
- Menguasai komputer, software Ms. Office dan matematika dasar
- Memiliki kemampuan menulis, menyusun rencana dan manajemen waktu yang baik
- Fokus pada detail, teliti, cekatan
- Memiliki ketahanan yang baik dalam menyelesaikan tugas sesuai tenggat waktu
- Memiliki daya analisis yang baik
Kriteria Administratif
- Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap* yang terdiri dari:
- Profil Pribadi (informasi dasar dan informasi pelengkap seperti motivation letter dan kontak referensi)
- Lampiran-lampiran yaitu CV/Portfolio, foto diri, foto KTP dan dokumen opsional lainnya seperti sertifikat atau setara
- link formulir dan daftar informasi serta dokumen yang diperlukan tersedia di akhir artikel ini
- Menyerahkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian/SKCK (setelah lolos seleksi/diterima)
Berikut adalah Kriteria Khusus, Lingkup Tugas & Tanggung Jawab masing-masing posisi: Staf Administrasi Keuangan & PerkantoranStaf Administrasi Keuangan & Perkantoran akan bekerja dalam koordinasi bersama Manajer Operasional & Administrasi. Ruang lingkupnya mencakup pengawalan sistem administrasi dan operasional yang berlaku guna mendukung kelancaran jalannya pelayanan organisasi. Kriteria Khusus - Lulusan perguruan tinggi jurusan Ekonomi, Akuntansi atau Administrasi Perkantoran lebih diutamakan
- Memiliki pengalaman kerja di bidang keuangan atau administrasi minimal 2 tahun
- Menguasai software akuntansi
- Memiliki keinginan belajar yang tinggi dan kesenangan di bidang seni budaya
- Memahami komunikasi dengan bahasa Inggris lebih diutamakan
Lingkup Tugas & Tanggung Jawab - Rekap transaksi keuangan
- Aktivitas pembukuan dasar
- Pengaturan agenda kantor
- Penyediaan berbagai dokumen kantor yang diperlukan
- Pengecekan kelengkapan surat/dokumen dan pengarsipan bersama Divisi Arsip
- Pendistribusian surat
- Pemeliharaan dan penataan perlengkapan kantor
|
Staf Administrasi Rumah Tangga & FasilitasStaf Administrasi Rumah Tangga & Fasilitas akan bekerja dalam koordinasi bersama Manajer Operasional & Administrasi. Ruang lingkup bidangnya mencakup pengelolaan aset yang terdiri dari tempat dan fasilitasnya (sarana & prasarana) guna mendukung pendayagunaannya bagi masyarakat yang dilayani. Kriteria Khusus - Memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun di bidang manajemen kerumahtanggaan atau perhotelan lebih diutamakan
- Memiliki keinginan belajar yang tinggi dan kesenangan di bidang seni budaya
- Memahami komunikasi dengan bahasa Inggris lebih diutamakan
Lingkup Tugas & Tanggung Jawab - Rekap transaksi keuangan
- Pembelanjaan kebutuhan persediaan kantor dan kegiatan
- Mengkoordinasikan pemeliharaan tempat dan fasilitasnya
- Penyediaan berbagai dokumen kantor yang diperlukan
- Pengecekan kelengkapan surat/dokumen dan pengarsipan bersama Divisi Arsip
- Pemeliharaan sarana IT dan alat-alat pertunjukan
- Penyediaan berbagai kebutuhan sarana-prasarana kegiatan
|
Staf Administrasi ProgramStaf Administrasi Program akan bekerja dalam koordinasi bersama Manajer Program dalam rencana pengarusutamaan keragaman program/kegiatan seni dan implementasinya. Selain itu, Staf Administrasi Program turut berperan penting dalam tercapainya target program serta pemeliharaan dan relasi jejaring mitra organisasi. Kriteria Khusus - Memiliki pengetahuan dan pengalaman kerja selama 1 – 2 tahun pada program/proyek/acara seni
- Berpengalaman dalam administrasi umum dan keuangan, serta manajemen dokumen
- Memahami dengan baik tentang konsep dasar pemantauan dan evaluasi yang penting dalam sebuah manajemen proyek
- Memiliki pengalaman bekerja di organisasi nirlaba lebih diutamakan
- Akrab dengan komunitas seni lokal maupun nasional, serta memiliki semangat dan gairah terhadap seni lebih diutamakan
- Akrab dengan bidang fasilitasi, pendidikan, dan pengembangan dan pengawasan kurikulum belajar lebih diutamakan
- Pernah bermitra dan berkolaborasi dengan organisasi lebih diutamakan
- Memiliki kemampuan komunikasi bahasa Inggris lebih diutamakan
Lingkup Tugas & Tanggung Jawab - Berkontribusi pada rencana keuangan Program dan pengelolaan belanja anggaran terkait
- Memelihara hubungan dengan mitra kerja eksternal, mengawal pekerjaan dan pembayaran
- Pengelolaan dan penginputan data terkait dengan tepat dan berkualitas
- Berkontribusi dalam analisis data dan penyusunan laporan
- Pengelolaan administrasi proses seleksi dan evaluasi program hibah
- Pengelolaan administrasi kegiatan pelatihan berbasis acara
- Pengawasan tercapainya target/deliverables dalam operasional kegiatan
- Pengelolaan hubungan dengan klien/pemangku kepentingan pada tingkatan yang sesuai
|
Staf Administrasi KomunikasiStaf Administrasi Komunikasi akan bekerja dalam koordinasi bersama Manajer Fundraising. Staf Administrasi Komunikasi akan mengawal jalannya aktivitas komunikasi publik yang mencakup komunikasi organisasi/lembaga dan komunikasi program seninya. Ruang lingkupnya terdiri dari planning, monitoring, & evaluation atas produksi publikasi, pengelolaan media publikasi (konvensional & digital) dan kemitraan strategis bidang komunikasi. Kriteria Khusus - Berpengalaman di bidang komunikasi program/proyek/acara seni selama 1 – 2 tahun
- Memiliki pengetahuan statistik dasar dan komunikasi visual
- Memiliki kemampuan komunikasi Bahasa Indonesia dan Inggris
- Memiliki pengetahuan pengelolaan & kinerja media konvensional dan digital
- Memiliki kemampuan dasar copywriting
- Memiliki kemampuan dasar software desain grafis lebih diutamakan
Lingkup Tugas & Tanggung Jawab - Berkontribusi pada rencana keuangan Komunikasi dan pengelolaan belanja anggaran terkait
- Penjadwalan aktivitas komunikasi publik
- Koordinasi produksi publikasi bersama tim kerja dan pemeriksaan hasilnya
- Memelihara hubungan dengan mitra kerja eksternal, mengawal pekerjaan dan pembayaran
| Kewajiban Calon Staf Apabila Terpilih- Mengikuti masa kontrak tahun fiskal 2023 yang terdiri dari 3 bulan Masa Percobaan dan 5 bulan Masa Kerja 2023
- Mengikuti sistem penilaian kinerja
- Mempelajari tentang seluk beluk lembaga secara mandiri
- Terlibat pada berbagai kegiatan seni budaya di PSBK
|
Fasilitas Bagi Staf Terpilih- Upah per-bulan
- Perlindungan asuransi:
– selama masa percobaan: Asuransi Kecelakaan Kerja Swasta – setelah masa percobaan: BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan (Jaminan Hari Tua, Kecelakaan Kerja, & Kematian) - Ruang belajar dan development diri
|
Lini Masa RekrutmenProses | Waktu | Mekanisme | Panggilan Terbuka Rekrutmen | 5 – 12 April 2023 *berakhir pada pukul 23:59 WIB | Online | Seleksi Berkas | 13 – 14 April 2023 | Peserta terpilih akan dihubungi melalui email [email protected] | Seleksi Wawancara | 17 – 18 April 2023 | Offline di kantor PSBK (diutamakan) Online via platform Zoom (khusus bagi peserta yang di luar provinsi) | Finalisasi Hasil Seleksi | 19 April 2023 | Peserta terpilih akan dihubungi melalui email [email protected] | Pengumuman Hasil | 20 April 2023 | Peserta terpilih akan dihubungi melalui email [email protected] | Mulai Bekerja | 2 Mei 2023 | Di PSBK |
|
Tautan Formulir PendaftaranKlik di sini untuk mengakses formulir pendaftaran *Sebelum mengisi formulir, pastikan Anda telah menyediakan informasi & berkas yang dibutuhkan berikut ini: Profil Pribadi
- Nama lengkap
- Gender
- Tempat, tanggal lahir
- Alamat email
- Kontak telepon (sebaiknya terhubung dengan platform WhatsApp)
- Alamat asal
- Alamat domisili
- Akun media sosial
- Riwayat pendidikan (tingkat sekolah atau dan lembaga pendidikan/pelatihan lainnya)
- Pengalaman yang relevan dengan bidang yang dilamar (waktu – durasi – peran – lingkup pekerjaan)
- Motivasi mendaftar sebagai Staf PSBK (maks. 250 kata)
- Kontak referensi (pemimpin Anda pada pekerjaan sebelumnya, mitra kerja Anda terdahulu yang representatif, atau lainnya yang dapat memastikan kompetensi profesional Anda, minimal 1 kontak dan maksimal 2 kontak)
Lampiran Dokumen 1. 1 bendel Curriculum Vitae / Portfolio, format PDF maks. 10MB 2. Foto Diri, format JPEG maks. 5MB 3. Foto KTP, format PDF atau JPEG maks. 5MB 4. Lainnya (opsional): 1 bendel sertifikat penghargaan/bukti peran profesional/setara, format PDF maks. 10MB Batas waktu pengisian formulir: 12 April 2023, pukul 23.59 WIB
|
KontakTelepon: +62 821-4141-6252 (pada hari dan jam operasional) Email: [email protected] PSBK hanya menggunakan alamat email resmi tersebut di atas untuk korespondensi dengan peserta rekrutmen dan tidak bertanggung jawab atas kerugian apapun apabila terdapat pihak lain yang mengatasnamakan PSBK pada proses rekrutmen ini. |
|