Simpang Jalan Menuju Rumah

Simpang Jalan Menuju Rumah

Jagongan Wagen edisi September 2018, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), menghadirkan pertunjukan karya peraih Program Seniman Pasca-terampil (SPt) 2018. Terdiri dari tujuh seniman dari berbagai disiplin seni, karya yang ditampilkan merupakan hasil kolaborasi penciptaan yang difasilitasi selama kurang lebih satu bulan.

Ketujuh seniman tersebut adalah Istifadah Nur Rahma dengan disiplin seninya yaitu teater, Slamet Irfan tekun dalam teater dan musik, M. T. Gilang Anfasha Nasution dalam seni rupa, Nurina Susanti dalam seni rupa, Regina Gandes Mutiary menekuni teater dan musik. Adapun Sri Kasih Hasibuan yang menekuni teater tari, lalu Wijil Sinang Purba yang banyak aktif di teater dan film. Para seniman tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatera Utara, Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Karya ini menantang seniman untuk berdialog dengan pengetahuan yang dimiliki seorang anak dan rentangannya akan harapan orang tua. Pendidikan menghadapkan anak dengan berbagai pilihan, yang sebagian belum tentu sejalan dengan obsesinya sendiri. Persimpangan kemudian muncul di tengah segala cara untuk menemukan jalan menuju rumahnya (pilihan) sendiri.

Teguh Hari Prasetyo, penanggung jawab program, menambahkan bahwa proses kali ini merupakan bukti kolaborasi yang tidak diraih dalam satu bulan saja. Seniman telah berkolaborasi selama hampir 7 bulan dalam ruang-ruang seni di PSBK. Bermacam peristiwa belajar mereka selama di PSBK, memberikan kesempatan bagi seniman untuk lebih mematangkan kapasitas diri untuk kesenian yang ditekuni di masa depan. Oleh karena itu, Jagongan Wagen selain sebagai ruang presentasi seni juga telah melangsungkan praktik pengembangan profesionalitas seniman muda.

Pertunjukan berjudul “Simpang Jalan Menuju Rumah” ini bisa disaksikan pada 22 September 2018, pukul 19.30 WIB di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja secara gratis. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Whatsapp PSBK di +62 821-4141-6252.

 

 

Acara ini terselenggara dengan dukungan Bakti Budaya Djarum Foundation

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email
Close Menu
subscribe icon
Stay connected with PSBK.