Tentang PSBK

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) dibangun dan didirikan pada tahun 1978 oleh maestro seni Indonesia Bagong Kussudiardja di Kab. Bantul, D.I. Yogyakarta. Sejak berdirinya, PSBK menjadi institusi vokasi yang cepat menjadi populer, terpercaya, cantrik-mentrik datang dan pulang menyebarkan benih seni ke seluruh penjuru nusantara.

PSBK memusatkan perhatian pada pertumbuhan dan pengembangan nilai seni, baik yang berbentuk keindahan hidup bersama maupun karya. PSBK memakai metode belajar aktif-partisipatif yang menjembatani proses kerjasama  seniman dan masyarakat untuk bersama-sama memanfaatkan kesenian untuk mencapai kehidupan yang bermartabat dan beradab.

Melanjutkan spirit Bagong Kussudiardja, PSBK mewujudkan diri sebagai art-center dengan misi mendukung pengembangan kreatif seniman dan masyarakat umum untuk terus terhubung pada nilai-nilai seni dan budaya, keberlanjutannya, dan penciptaan nilai-nilai budaya melalui seni. PSBK hadir sebagai laboratorium kreatif, tempat berkumpul, dan ruang presentasi karya seniman dari berbagai disiplin. PSBK menghadirkan karya seniman-seniman muda, fasilitasi riset-riset artistik dan pengembangan profesional seniman maupun masyarakat umum, dan merancang program-program untuk meningkatkan community engagement dan pengembangan jaringan, melalui kesenian.

Kompleks studio PSBK seluas 5000 meter persegi terletak di tepi sungai Koteng dan hijaunya desa Kembaran. Keasrian serta nilai-nilai kehidupan yang tumbuh di lingkungan PSBK diselaraskan oleh seniman arsitek Ir. Eko Agus Prawoto, M.Arch., yang sejak 2009 desain pengembangan situs PSBK ditransformasikan menjadi ruang kreativitas seni sesuai dengan peran pengabdian masyarakat melalui praktik kesenian.

Close Menu
subscribe icon
Stay connected with PSBK.