Kelompok seni mukim

Di PSBK, ada empat kelompok seni yang hidup dan bermukim melalui tiga pewaris Bagong Kussudiardja. Ida Manutranggana (alm) (Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiardja), Butet Kartaredjasa (Teater Gandrik), dan Djaduk Ferianto (Kua Etnika dan Sinten Remen).

Kelompok-kelompok seni tersebut terus memberikan energi kreatif untuk mengembangkan bentuk seninya melalui karya baru yang dipersembahkan kepada penontonnya.

Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiardja (PLTBK) didirikan oleh Bagong Kussudiardiardja pada tahun 1958 di kota Yogyakarta dan telah melahirkan banyak pekerja seni tari yang menyebar ke seluruh Indonesia dan mancanegara. PLTBK telah memproduksi berbagai karya tari dan berkolaborasi dengan berbagai media. Secara aktif PLTBK juga turut berpartisipasi pada kegiatan seni dan budaya baik di tingkat nasional maupun internasional.

Kontak: Indiartari Kussnowari

Salah satu kelompok teater yang karya-karyanya berhasil menjadi bagian dari dinamika sosial, politik, dan budaya di Indonesia. Teater Gandrik, didirikan di Yogyakarta tahun 1983, menggunakan model guyon parikena dan mengolah bentuk-bentuk teater tradisional ke bentuk teater modern sebagai orientasi estetikanya. Model ini efektif sebagai medium kritik sekaligus katarasis atas situasi kultural, sosial, dan politik, secara jenaka dan reflektif, tanpa menyinggung perasaan.

Kontak: Kusen Ali

Djaduk Ferianto mendirikan dua kelompok musik (saat ini menjadi Direktur Artistik kedua kelompok tersebut) yang mengolah dan menciptakan karya yang unik. Kedua kelompok tersebut adalah: 

  • KUA ETNIKA, didirikan pada tahun 1996, mengambil fokus pada bentuk ansambel dengan pendekatan “eksplorasi bebas idealis” dan “eksplorasi pragmatik industri”, mengolah musik lampau ke bentuk populer kekinian, dan menggambar sejarah asimilasi antar-budaya Indonesia dengan India, Cina, Eropa, dan Timur Tengah.

  • SINTEN REMEN, didirikan pada tahun 1997, dengan haluan kreatif musik keroncong progresif. Karyanya menghadirkan lagu-lagu yang ringan, komunikatif, seringkali diselingi humor-humor yang cerdas, kritis, dan reflektif.

Kontak: Sony Suprapto

Close Menu
subscribe icon
Stay connected with PSBK.