ArtS Innovation & Professional Development

“Artists are the creative muscle of culture in society. Serving the artists, serves the public.”

PSBK menjalankan investasi berharga pada seniman muda yang merupakan generasi seniman masa depan. Diwujudkan dalam residensi dengan fasilitasi proses penciptaan untuk menguatkan profesionalitas seniman muda (kolaborasi kreatif, artistik, dan manajemen). Hal tersebut sejalan dengan komitmen Bagong Kussudiardja untuk mendukung eksperimen dan inovasi artistik, tanpa harus terkendala hal komersial yang sering menghambat proses kreatif seniman muda di Indonesia.

Hibah Seni PSBK

PSBK Arts Grant Platform

Hibah untuk seniman dengan pengalaman berkarya minimal 5 tahun

Kesempatan berharga bagi seniman untuk berekspresi tanpa tekanan ekonomi

Karya segar yang memperkaya khasanah seni pertunjukan di Indonesia

Seleksi proposal gagasan setiap akhir tahun

Sejak tahun 2017, PSBK memfasilitasi 6-8 seniman Indonesia untuk mempersembahkan karya pertunjukan terbarunya secara perdana di platform presentasi seni pertunjukan Jagongan Wagen. Fasilitasi Hibah Seni PSBK ini meliputi akses studio penciptaan, perlengkapan artistik panggung, publikasi dan dokumentasi, dan dukungan finansial sebagai dukungan pada upaya seniman membagi gagasannya kepada publik.

Related News

2019 | Hibah Seni 2019
  • Announcement

Hibah Seni 2019

Program ini merupakan upaya untuk menjelajahi kemungkinan baru dalam pencapaian artistik seniman/kelompok seni tari, musik, dan teater.

Seniman Pascaterampil

Artist Professional Development Residency
Jagongan Wagen | Pertemuan Kita

Beasiswa residensi selama 10 bulan di PSBK

Untuk 10 seniman muda yang aktif berkesenian dalam 5 tahun terakhir

Terbuka untuk semua disiplin seni

Pendekatan belajar kesenian secara holistik

Kesempatan belajar, kolaborasi dan berjejaring

Seleksi dilakukan setiap akhir tahun

Sejak 2014, PSBK menyediakan kesempatan belajar lanjutan bagi para seniman muda Indonesia dari berbagai disiplin ilmu untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya, baik berupa pengembangan artistik dan kapasitas manajemennya melalui platform yang kolaboratif. Program residensi selama 10 bulan ini memberikan pelatihan pengembangan profesional melalui masterclass, proyek kolaborasi artistik, dan keterlibatan dengan masyarakat melalui program Public Arts Engagement. Fasilitasi ruang berkarya dan ruang belajar alternatif ini dilandasi antusiasme maestro seni Bagong Kussudiardja untuk kemandirian berkarya yang ditafsirkan menjadi prinsip panduan sebagai seniman: self-produce, self-sustain, saling menginspirasi, dan menjalankan praktik seni yang lekat dengan praktik kehidupan masyarakatnya.

Related News

Studi Tata Cahaya Pertunjukan

Stage Lighting Professional Development
PSBK | Tata Cahaya

Fasilitasi 4-6 calon profesional di bidang Tata Cahaya Pertunjukan

Terbuka untuk lulusan SMA/SMK/sederajat

Pelatihan melalui kelas, lokakarya dan praktik lapangan

Seleksi terbuka setiap akhir tahun

Dikembangkan sejak tahun 2015 dan diresmikan pada tahun 2018, program pengembangan profesional ini adalah platform pembelajaran kejuruan untuk mendukung sumber daya manusia pendukung seni pertunjukan yang belum tersedia di lembaga pendidikan formal di Indonesia. Praktisi budaya yang terpilih memiliki kesempatan untuk mengasah keterampilan dalam tata cahaya panggung dan desain melalui pelatihan dan pengalaman langsung dalam platform pertunjukan PSBK. Peserta program ini diharapkan mampu berkolaborasi dengan seniman dalam menciptakan tata artistik yang berkualitas.

Related News

Close Menu
subscribe icon
Stay connected with PSBK.