PSBK Team

Setelah Bagong Kussudiardja wafat pada tahun 2004, didirikanlah Yayasan Bagong Kussudiardja (YBK, 2006), lembaga nirlaba yang secara hukum bertindak sebagai wakil dan pengelola warisan fisik dan non fisik PSBK. YBK bertujuan untuk melestarikan serta mengembangkan warisan fisik PSBK serta nilai belajar Bagong Kussudiardja.

Tim PSBK | Butet
ketua yayasan

Butet Kertaradjesa

Butet Kartaredjasa adalah seorang penulis, perupa dan aktor pertunjukan dengan catatan kekaryaan yang panjang. Selain menekuni kesenian, sejak pertengahan tahun 80-an pernah bekerja sebagai wartawan dan copywriter di perusahaan periklanan yang didirikannya, Santono Communication dan Galang Communication; termasuk mendirikan Yayasan Galang yang bergerak dalam pelayanan kampanye publik untuk masalah kesehatan reproduksi berperspektif gender. Ia juga tercatat sebagai dewan pembina Biennale Jogja, sebuah perhelatan seni rupa dua tahunan bersama Yayasan Biennale Yogyakarta.

Sejak ayahnya, Bagong Kussudiardja wafat pada tahun 2004, ia mengetuai Yayasan Bagong Kussudiardja untuk meneruskan nilai belajar di PSBK yang memerlukan keberlanjutan dalam pengembangan dan pengelolaannya.

Tim PSBK | Jeannie
Direktur Eksekutif

Jeannie Park

Terpikat oleh warisan budaya Jawa di Indonesia, Jeannie Park berimigrasi ke Yogyakarta, Indonesia dari Amerika Serikat pada tahun 1996. Melalui masa kerjanya dalam mengembangkan PSBK sebagai art centre sejak tahun 2007, ia telah berhasil membangun program-program inovatif dan renovasi fisik untuk melayani misi kelembagaan serta sektor seni yang lebih luas.

Ia telah berpartisipasi dalam berbagai program residensi sebagai produser kreatif independen dan manajer seni melalui BAM, New York; Kennedy Center for Performing Arts, Washington, D.C.; Asian Cultural Council; dan Japan Foundation. Jeannie pernah menjadi staf program Yayasan Kelola, organisasi layanan pertama di Indonesia untuk seni; dan pernah menjabat sebagai Direktur Kohn Turner Gallery, Los Angeles, AS.

Advisor | Djaduk
Penasihat Senior

Djaduk Ferianto

Putera bungsu Bagong Kussudiarja ini adalah seorang komposer, koreografer, sutradara, produser dan fotografer. Ia menjadi pendiri sekaligus pemimpin kelompok musik Kua Etnika dan Sinten Remen. Tumbuh dalam atmosfer kesenian dan budaya Yogyakarta, ia banyak melakukan pengembaraan kreatif di berbagai kelompok kesenian. Memantapkan diri menjadi ‘pemusik yang gelisah’, kegelisahannya pula turut menginisiasi festival Ngayogjazz dan Pasar Keroncong Kotagede.

Pengetahuan dan wawasan artistiknya yang luar biasa telah menjadi aset penting dalam menghubungkan konteks sejarah karya Bagong Kussudiardja, dan membimbing seniman muda dalam proses kreatif mereka di PSBK.

Tim PSBK | Teguh
Kepala Program Seni

Teguh Hari P

Jaringannya yang luas dalam seni pertunjukan, seni rupa, dan multi-media memperkuat kemampuannya mengelola solusi kreatif yang mendorong pertumbuhan, pemikiran kritis dan dialog konstruktif antara seniman muda dan platform seni. Berpengalaman sebagai produser kreatif, kurator independen, penulis, komposer musik, dan pembuat film mendukungnya dalam mengembangkan hubungan yang bermanfaat dengan seniman dan komunitas seni di PSBK.

Tim PSBK | Moelyono
Kepala Fasilitas

Mulyono

Berpengalaman lebih dari 25 tahun dalam seni teater, ia memiliki rekam jejak panjang khususnya dalam desain pencahayaan, efek khusus panggung, dan teknik teater. Ia mampu mewujudkan fasilitas ruang kreatif yang mendukung proses dan presentasi berbagai disiplin artistik dan kegiatan di kompleks PSBK. Pengalaman dan keahliannya sebagai seniman pertunjukan dan stage-craft profesional, merupakan kombinasi berharga untuk memimpin dan berbagi pengetahuan dan keterampilan kepada sumber daya manusia masa depan yang sangat dibutuhkan dalam pencahayaan panggung, sebagai bidang penting dalam ekosistem seni pertunjukan.

Ia pernah menjabat sebagai desainer tata cahaya untuk grup teater terkenal, Teater Koma, Jakarta; dan pernah mengajar di almamaternya Institut Kesenian Jakarta sebelum pindah ke Yogyakarta.

Staf

Tim PSBK | Sinang
Program Seni

Sinang Purba Waluya

Tim PSBK | Isti
Program Seni

Isti Fadah Nurrahma

Tim PSBK | Shomad
Fasilitas/Sarana-Prasarana

Ahmad Abdushomad

Tim PSBK | Rachma
Administrasi & Keuangan

Rachmawati Adelysina

Tim PSBK | Ika
Administrasi & Keuangan

Ika Risti Purwasih

Tim PSBK | Septi
Komunikasi & Kemitraan

Septi Hariana

Tim PSBK | Donnie
Komunikasi & Kemitraan

Donnie Trisfian

PELAKSANA OPERASIONAL PEMELIHARAAN

Tim Kebersihan & Perawatan Tempat

Marwan (Perawatan Teknis), Nur Syaifudin, Teguh Widayat, Subagyo

Tim Keamanan Malam

Sutikno, Erwin, Marsadi

Pemeliharaan Arsip dan Perpustakaan

Varani Parjilah

Close Menu
subscribe icon
Stay connected with PSBK.