Preserving Our Hope and Connectivity

Yogyakarta, 27 Desember 2021

Rekan-rekan, dan sahabat PSBK yang terhormat;
Saya yakin kita semua menyadari bagaimana dua tahun terakhir ini telah mempengaruhi upaya serta ketahanan kita, saat kita terus berusaha mengolah hope dan resilience melalui praktik seni dan budaya. Tahun 2021 mungkin lebih genting -perubahan, pembaruan, tantangan, peluang, kekhawatiran, dan harapan yang terus berlanjut. Namun di balik itu semua, melalui konektivitas kitalah yang memberikan kekuatan yang dibutuhkan dalam mempertahankan komitmen kita untuk melayani masyarakat melalui seni.

Keberkahan kita yang pertama terpancar pada bulan Maret ketika Presiden Joko Widodo memberikan vaksinasi kepada 500 seniman dan budayawan di PSBK. Dengan keberanian baru, kami perlahan membuka PSBK untuk akses offline publik melalui platform pemutaran film Gambar Bergerak, dan secara virtual melintasi lautan ke Inggris untuk menyelenggarakan The School of Hope bagi anak muda Yogyakarta. Adanya varian COVID-19 baru pula kami mempertahankan upaya kami dalam menyediakan akses secara online ke seluruh nusantara pada hasil karya pertunjukan baru, pembelajaran online, dan platform virtual baru yaitu Ingatan, yang didedikasikan untuk berbagi warisan arsip di PSBK. Kami secara khusus merasa terhormat atas kemitraan-kemitraan baru yang mengandung kepercayaan kepada seni sebagai sumber kreatif dalam pengembangan diri (pembelajaran), di mana telah memperkuat peran PSBK dalam melayani kemanusiaan.

Terima kasih. Dua buah kata tersebut tidak dapat benar-benar menyampaikan rasa syukur yang sebesar-besarnya, atas waktu, keahlian, bimbingan, kebijaksanaan, pengabdian, dan ketekunan yang telah diberikan tanpa pamrih. Pencapaian kolektif kita serta dampaknya yang terkait hanya dapat dimungkinkan melalui semangat kolaboratif yang mendalam (#bangkitberkarya) -yang menyediakan tujuan dan harapan baru bagi seniman, pekerja kreatif, dan masyarakat.

Saya merasa bersyukur atas perjalanan luar biasa yang diarahkan oleh peran dan kemitraan partisipatif kita, dan menghormati kekuatan yang kita pupuk bersama -demi mempertahankan ketangguhan semangat manusia dan masa depan yang berkelanjutan.

Kami mengucapkan salam sehat, aman, dan damai dalam menyongsong tahun baru 2022 dengan pembaruan ‘rasa’ misi, ketahanan yang berkelanjutan, kreativitas, dan berbagai kesempatan yang potensial.

Hormat kami,
Jeannie Park
Direktur Eksekutif
Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)

 

Our deepest appreciation to the following organizations for their partnership in 2021: 

Asian Culture Center
Memory of the World Committee for Asia and the Pacific
Indonesian National Commission for UNESCO
Kantor Sekretariat Kepresidenan RI
Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila
Waskita Karya (Persero), Tbk
Horizon, Performance Created in England
Ba(WA)yang
PLUSH
Pondok Pesantren Al-Munawwir
Festival Film Dokumenter
100% Manusia Festival
Jogja-Netpac Asian Film Festival

 

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email
subscribe icon
Stay connected with PSBK.