Ramu Layar: Ruang Inkubasi Calon Programmer Film Indonesia

Deadline: 20 Agustus 2021

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) bekerja sama dengan Forum Film Dokumenter (FFD) menggagas kelas pemrograman film Ramu Layar. Program yang turut didukung oleh Dinas Kebudayaan DIY ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan menambah pengetahuan maupun akses dalam lingkup praktik pemrograman film. Ramu Layar akan menjaring 20 peserta terpilih yang akan berkesempatan untuk mempelajari secara intensif elemen kerja pemrograman film dalam ranah eksebisi dan apresiasi pada penyelenggaraan festival dan pengelolaan ruang putar alternatif. 

 

Latar Belakang

Film sebagai produksi gambar bergerak merupakan media campuran dari berbagai teknologi dan unsur kesenian: perkembangan teknologi fotografi, rekaman suara, seni rupa, teater, sastra, arsitektur, hingga musik. Film bersinggungan erat dengan konteks maupun aktivitas perekaman sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Aktivitas perkembangan film turut memunculkan ruang-ruang etalase film seperti bioskop, festival film, hingga ruang putar alternatif yang berbasis komunitas maupun kegiatan kesenian lainnya. Ruang etalase pun pada akhirnya tidak hanya memiliki fungsi memutarkan film, tetapi juga turut memproduksi pengetahuan dari praktik-praktik kritis penayangan film pilihan yang dianggap merepresentasi karakter ruang etalasenya.

Ramu Layar lahir sebagai ruang belajar intensif yang dihadirkan atas kesadaran pentingnya pemrograman film dalam ranah ekshibisi dan apresiasi pada penyelenggaraan festival dan pengelolaan ruang alternatif. Kegiatan ini akan fokus membahas elemen pemrograman film yang diperlukan dalam menumbuhkan perspektif kritis terhadap isu, kerja lintas medium, dan distribusi film serta relevansi keilmuan lainnya yang dapat diterima pada lingkup penontonnya. Kelas intensif ini menjadi upaya menyeimbangkan sistem pengetahuan formal pada ranah produksi, eksibisi, apresiasi, dan distribusi film terutama di Indonesia.

Kepesertaan

Ramu Layar menyasar 20 calon programmer film masa depan yang akan diseleksi untuk dapat mengikuti rangkaian kelas intensif selama 3 bulan (September – November) secara daring dengan materi sebagai berikut.

Apa Itu Pemrograman Film?

Sejarah Film Dunia

Sejarah Film Indonesia

Sejarah Ruang Putar: Festival dan Ruang Alternatif di Indonesia

Film, Festival, dan Penonton

Distribusi Film

Kurasi Arsip Film

Kritik Film Melalui Pendekatan Praktik Pemrograman

Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD): Festival & Ruang Putar Alternatif

Kunjungan Daring: Festival/Ruang Putar

Panel Diskusi: Presentasi dan Pembahasan Tugas Kelompok

 

Syarat kepesertaan:

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia 20 – 35 tahun
  • Tertarik dan/atau pernah terlibat dalam pengelolaan ruang pemutaran alternatif, kelompok diskusi, maupun festival film
  • Wajib menghadiri seluruh kegiatan kelas

 

Kerangka Pendaftaran:

    • Terbuka 2 – 20 Agustus 2021
    • Pengumuman hasil seleksi peserta tanggal 27 Agustus 2021
    • Pendaftaran dan kepesertaan kelas Ramu Layar tidak dipungut biaya (gratis)

 

Tentang Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)

Melanjutkan spirit maestro seni Bagong Kussudiardja, PSBK mewujudkan diri sebagai art-center dengan misi mendukung pengembangan kreatif seniman dan masyarakat umum untuk terus terhubung pada nilai-nilai seni dan budaya, keberlanjutannya, dan penciptaan nilai-nilai budaya melalui seni. PSBK hadir sebagai laboratorium kreatif, tempat berkumpul, dan ruang presen tasi karya seniman dari berbagai disiplin. PSBK menghadirkan karya seniman-seniman muda, fasilitasi riset-riset artistik dan pengembangan profesional seniman maupun masyarakat umum, dan merancang program-program untuk meningkatkan community engagement dan pengembangan jaringan, melalui kesenian.

Selengkapnya: www.PSBK.or.id

 

Tentang Forum Film Dokumenter (FFD)

Forum Film Dokumenter (FFD) adalah organisasi nirlaba yang berfokus pada pengembangan dokumenter sebagai medium ekspresi dan ekosistem pengetahuan melalui program eksebisi, edukasi, distribusi, dan pengarsipan. Selama 19 tahun, FFD berperan aktif dalam membuka kolaborasi antarpelaku dalam ekosistem perfilman Indonesia melalui medium dokumenter.

Selengkapnya: www.ffd.or.id

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email
subscribe icon
Stay connected with PSBK.