Suluk Matahari

Kuricorder Quartet & Friends ke Yogyakarta

Pada bulan Oktober 2017, 5 musisi dari Jepang yang mewakili Kuricorder Quartet & Friends datang ke Yogyakarta, Indonesia, untuk melaksanakan suatu ihktiar lintas seni-budaya.  Sejak tahun 2015, komunitas kolektif Kuricorder Quartet & Friends telah menjalani sebuah program dengan judul “Culture Friendship Project” antara Jepang dengan 6 negara Asia lain.  Tahun ini, Kuricorder Quartet & Friends kembali ke Indonesia dan memilih Yogyakarta sebagai destinasi khusus untuk berkolaborasi dengan Djaduk Ferianto & Kua Etnika (Indonesia), pada tanggal 24-26 October 2017 di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK).

Ihktiar lintas seni-budaya di Yogyakarta dengan judul SULUK MATAHARI ini adalah ruang bagi seniman-seniman yang berkolaborasi, bersama khalayak audiens di Yogyakarta, untuk bersama-sama mengalami perjalanan lintas budaya melalui dialog musik yang distimulasikan musisi-musisi hebat dari Jepang dan Indonesia.

Kuricorder Quartet & Friends adalah kelompok kolektif antara kelompok musik Kuricorder Quartet;  musisi maestro (rekorder), Mr. Minoru YOSHIZAWA; dan seniman musik, Mr. Toshiaki CHIKU; yang masing-masing sangat terkenal di Jepang melalui berbagai media seni musik di Jepang.  Baik secara kolektif maupun individu, mereka memiliki riwayat seni yang kaya dan kedekatan mereka pada masyarakat / penonton telah mendorong reputasi kesenimanan mereka hingga kini.

Kolaborasi yang dilakukan oleh komunitas seniman dari Jepang ini dijalin bersama seniman Yogyakarta, Djaduk Ferianto dan Kua Etnika. Komunitas Kua Etnika, yang didirikan oleh Djaduk Ferianto pada tahun 1996, mengambil fokus pada bentuk ansambel dengan pendekatan “eksplorasi bebas idealis” dan “eksplorasi pragmatik industri”, mengolah musik lampau menjadi bentuk populer kekinian, dan menggambar sejarah asimilasi antar-budaya Indonesia dengan India, Cina, Eropa, dan Timur Tengah.

Kuricorder Quartet & Friends dan Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) mempersembahkan:

SULUK MATAHARI

 

KONSER MUSIK

Kamis, 26 Oktober 2017 | 19.30 WIB

Gratis

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email
Close Menu
subscribe icon
Stay connected with PSBK.