Jagongan Wagen Edisi April: BALANCE

Pulung Jati Ronggo Murti, penerima Hibah Seni PSBK 2021 akan menampilkan karya terbarunya yang berjudul “Balance” pada presentasi Jagongan Wagen edisi April 2021. Karya ini bagi pulung menjadi salah satu upayanya untuk mencari makna keseimbangan dalam hidup. Berawal dari kegelisahannya terkait dualisme antara tari tradisi dan kontemporer yang dijalaninya, ia mencoba menguraikan permasalahan tersebut dan kemudian menemukan bahwa dualisme dapat berjalan saling beriringan dan menciptakan keseimbangan. Dari permasalahan tersebut kemudian ia mengeksplorasi konsep keseimbangan ini dalam konteks kehidupan yang lebih universal.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) kembali mempersembahkan Jagongan Wagen (JW) di tahun 2021. Karya Balance ini merupakan pembuka platform Jagongan Wagen di tahun ini. Harapannya dengan PSBK tetap membuka ruang fasilitasi, seniman dapat menciptakan dan mempresentasikan karyanya sehingga mampu memberikan inspirasi bagi publik dengan semangat bangkit berkarya. Proses fasilitasi ruang kreatif keproduksian alih media dan sajian karya telah terlaksana sejak akhir Maret di kompleks art center PSBK dengan menyertakan protokol kesehatan. PSBK akan menampilkan premiere karya baru ini di website jagonganwagen.psbk.o.id yang dapat diakses mulai pada Jumat, 30 April 2021 mulai pukul 19:30 WIB. Penayangan Jagongan Wagen juga disertai dengan adanya Closed Caption bagi audiens dengan difabilitas.

Dalam konsep keseimbangan hidup, dinamika baik buruk sudah menjadi syarat dari peristiwa kehidupan untuk memperindah dunia. Maka dari itu muncul oposisi biner atau konsep berlawanan, dualisme antara hal yang berbeda dan bertolak belakang. Tetapi tanpa banyak yang menyadari bahwa munculnya dualisme tersebut memiliki karakter saling menjaga, saling mengimbangi, saling tarik menarik antara satu sama lain demi menjaga satu hal yang bisa dikatakan keseimbangan. keseimbangan adalah kesan yang didapatkan karena adanya daya tarik menarik dengan kekuatan yang sama antara satu bagian dengan bagian yang lain. keseimbangan juga merupakan kesan yang dapat memberikan rasa mapan atau tidak ada ketimpangan berat di salah satu sisi.

Dalam pembuatan karya ini, Pulung mengajak Sudaryanto sebagai penata musik, Putra Jalu Pamungkas sebagai tim produksi, dan Dwi Cahyono, Irwanda Putra Rahmandika, Andhi Setyawan, Hanif Joaniko Putra, R. Bagus Wisnu Wardana Kusuma Adi, Lintang Ayodya Wahyu Aji, dan Ganggas Hatma Pramudita sebagai penari.

***

Sekilas tentang Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)    

Melanjutkan spirit maestro seni Indonesia Bagong Kussudiardja, PSBK mewujudkan diri sebagai art center dengan misi mendukung pengembangan kreatif seniman dan masyarakat umum untuk terus terhubung pada nilai-nilai seni dan budaya, keberlanjutannya, dan penciptaan nilai-nilai budaya melalui seni. PSBK hadir sebagai laboratorium kreatif, tempat berkumpul, ruang presentasi karya seniman dari berbagai disiplin. PSBK menghadirkan karya seniman-seniman muda, memfasilitasi riset-riset artistik dan pengembangan profesional, dan merancang program-program untuk meningkatkan community engagement dan pengembangan jaringan melalui kesenian.

Jagongan Wagen merupakan sebuah acara ikonik PSBK yang sejak 2007 menampilkan serangkaian karya pertunjukan baru dan inovatif oleh seniman tari, musik, teater, dan multi-media. Gagasan karya-karya tersebut dikuratori dan diproduksi setiap bulan di kompleks art-center PSBK (kecuali Januari dan Ramadhan). Platform ini memfasilitasi seniman dan audiens dalam pertukaran kreatif yang memicu kepekaan rasa dalam lingkungan ruang pertunjukan yang ramah.

Hibah Seni PSBK merupakan program fasilitasi seniman Indonesia untuk mempersembahkan karya pertunjukan terbarunya secara perdana di platform presentasi seni pertunjukan Jagongan Wagen. Fasilitasi Hibah Seni PSBK ini meliputi akses studio penciptaan, perlengkapan artistik panggung, publikasi dan dokumentasi, dan dukungan finansial sebagai dukungan pada upaya seniman membagi gagasannya kepada publik

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email
subscribe icon
Stay connected with PSBK.