JW | Daras

Daras

Daras: Kaleidoskop Bunyi Jenar Kidjing

Seniman Jenar Kidjing akan mementaskan karyanya pada Jagongan Wagen edisi Februari di PSBK. Pementasannya kali ini yang ia beri tajuk ‘Daras’ akan dipresentasikan pada 23 Februari 2019 di kompleks PSBK. Hal yang menarik dari karya Kidjing kali ini adalah upayanya menginterpretasi ulang karya-karya yang pernah dimainkan sebagai musik iringan untuk pertunjukan teater dan tari yang menggunakan gamelan dalam format band.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) bersama Bakti Budaya Djarum Foundation meneruskan investasi panjang dalam dukungan fasilitasi ruang presentasi karya seniman muda melalui program Jagongan Wagen. Sebagai pembuka rangkaian Jagongan Wagen tahun 2019, edisi perdana ini akan menghadirkan musisi muda yang sudah cukup lama berkarya di Yogyakarta, Jenar Kidjing. Fasilitasi akses studio penciptaan, kuratorial dan produksi pementasan berlangsung di kompleks art center PSBK selama satu bulan sejak 22 Januari 2019. 

Jenar Kidjing adalah alumni Program Seniman Pasca-terampil PSBK angkatan 2014. Secara khusus ia punya ketertarikan terhadap musik program. Istilah musik program ini ia ambil dari buku Imagi-nation’ karya Vincent McDermott yaitu musik yang tidak berdiri sendiri melainkan dibuat untuk keperluan lain; misalnya untuk iringan tari, teater, dan film. Seiring perjalanan berkeseniannya, ia mengerucutkan lagi minatnya pada musik teater kontemporer. Hal tersebut membuatnya banyak terlibat dalam produksi teater kontemporer sebagai penata musik.

‘Daras’ merupakan rangkuman perjalanan Jenar Kidjing sebagai musisi yang berfokus pada musik program. Ia mengurasi dan menyusun ulang komposisi-komposisi musik dari tiap pertunjukan maupun musikalisasi puisi yang pernah dibuatnya dan membungkusnya dengan benang merah cinta dan kekuasaan. Dalam pembacaan ulang  karya-karya sastra yang pernah dipentaskannya, ia menyajikannya dengan format yang berbeda dari yang dulu pernah dimainkan. Kidjing selama ini selalu akrab dengan instrument gamelan dalam kekaryaannya, namun kali ini ia hadir dalam format band bersama Dian Palupi, Ardhani Julian Krisna, Arphadya Mahardika dan Ikhsan Prayogo.

’Membaca’ ulang (secara lantang) beragam pengalaman dalam kaleidoskop bunyi dengan medium instrumen yang seragam, DARAS adalah reintepretasi  musikal dari beberapa teks sastra yang pernah bersinggungan dalam perjalanan saya menggeluti musik teater dan musik puisi.” – Jenar Kidjing –

Membaca berulang seringkali membuat kita menemukan halhal baru dalam lapisan-lapisan dalam karya sastra. Pernyataan inilah yang juga ingin disuarakan Jenar Kidjing dalam karya ini, bahwa membaca ulang selalu memberi pengetahuan baru dan menebalkan pemahaman. Bisa dikatakan bahwa pertunjukan ini adalah upayanya untuk menyelami perjalannya sekaligus menebalkan pengetahuannya terhadap karya-karya yang selama ini pernah dipentaskannya. Ia pun juga berharap agar semangatnya ini dapat ditangkap dan diteruskan oleh penonton yang nantinya hadir dalam pementasan ini. 

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email
Close Menu
subscribe icon
Stay connected with PSBK.