Bintang Kecil di Langit Yang Biru

Bintang Kecil di Langit Yang Biru

Jagongan Wagen edisi Agustus 2018, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), kembali menghadirkan pertunjukan karya peraih Hibah Seni PSBK 2018. Dalam edisi Agustus 2018 ini peraihnya adalah Agnes Christina. Program Hibah Seni PSBK 2018 merupakan terobosan PSBK dalam memberikan dukungan kepada seniman untuk memproduksi dan mempresentasikan karya baru di Jagongan Wagen.

Peraih Hibah Seni PSBK 2018 kali ini berasal dari berbagai daerah di nusantara. Tercatat empat seniman dan kelompok seni dari beberapa daerah seperti Aceh, Lampung, Sumatera Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Jakarta, Kalimantan, dan Bali. Selama kurang lebih satu bulan fasilitasi penciptaan dan produksi presentasi karya diberikan kepada peraih.

Peraih Hibah Seni PSBK ke-2 tahun ini akan menampilkan teater berjudul “Bintang Kecil Di Langit Yang Biru”. Agnes Christina selaku sutradara adalah seniman multidisipliner yang mempunyai ketertarikan terhadap kerumitan hidup dan cara kita menghadapinya. Beberapa tahun terakhir, Agnes berfokus pada dua proyeknya yaitu Reading Centhini (menerjemahkan Serat Centhini ke dalam bentuk pertunjukan) dan Liar (memfasilitasi siapa saja yang ingin berbagi cerita kepada publik melalui pertunjukan). Untuk hibah ini, Agnes bekerja sama dengan dua aktor muda berbakat Yogyakarta, yaitu Irfanuddien Ghozali dan Alex Suhendra. Mereka akan membicarakan persoalan peringkat sosial dalam struktur masyarakat kita. Bagi orang yang peringkatnya tinggi, bantuan dari “teman, keluarga dan kolega”, mudah didapatkan setiap kali mendapatkan masalah. Bahkan mendapatkan kekebalan yang berfungsi untuk melindungi mereka dari kritik atau apapun yang berpotensi mengusik peringkat mereka.

Gagasan pertunjukan yang berangkat dari kegelisahan isu tersebut, menurut Teguh Hari Prasetyo, penanggung jawab program, penting untuk dipresentasikan. Relevansi persoalan ini lazim kita temui di sekitar kita. Sebagai bentuk pertunjukannya sendiri kesegaran cara presentasinya patut mendapatkan apresiasi publik.

Pertunjukan akan berlangsung pada Sabtu, 25 Agustus 2018, pukul 19.30 WIB, di PSBK. Informasi terbaru mengenai proses Jagongan Wagen bisa diakses melalui akun-akun media sosial PSBK.

 

Acara ini terselenggara dengan dukungan Bakti Budaya Djarum Foundation

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email
Close Menu
subscribe icon
Stay connected with PSBK.