RSR | Dongeng Tentang Kemerdekaan

Dongeng Tentang Kemerdekaan

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) menyelenggarakan pameran Ruang Seni Rupa (RSR) edisi Agustus – September 2018, bertajuk “Dongeng Tentang Kemerdekaan” dengan tujuh seniman yang pernah mengikuti program di PSBK sebagai pesertanya. Tujuan dari pameran ini adalah pengoptimalan ruang pamer bagi seniman-seniman dan masyarakat seni yang lebih luas.

Lebih lanjut Jeannie Park, Direktur Eksekutif PSBK, menuturkan bahwa pameran ini bukan hanya sebagai presentasi seni rupa saja, tetapi juga wadah peristiwa seni yang mendukung ‘akses’ keterhubungan  antara seniman, karya, dan masyarakat. PSBK membuka keterlibatan publik, baik dalam pemanfaatan ruang presentasi seni maupun dukungan pendanaan aktivitasnya.

Terhitung sejak 26 Juli 2018, tujuh seniman tersebut mulai berproses. Mereka adalah Andrik Musfalri; Arif Hanungtyas Sukardi; Helmi Fuadi; Iqro’ Ahmad Ibrahim Laili Subkhi; Lukman Edi Santoso; Prasetya Yudha D. S.; Wisnuaji Putu Utama. Arif, Helmi, Luqman, dan Wisnuaji merupakan seniman rupa alumnus peraih program Seniman Pasca-terampil (SPt) 2015. Iqra’ adalah seniman rupa alumnus SPt 2016 dan Andrik; seniman rupa alumnus SPt 2017, sedangkan Prasetya Yudha; seniman fotografi yang pernah menjadi kolaborator dalam RSR pada 2016. Mereka pernah berproses dan telah menjelajahi dunia seni hingga berbagai belahan dunia. Mereka akan dipertemukan kembali dan berbagi cerita tentang pengalaman mereka di luar sana, sekaligus perayaan pertemuan kembali antara PSBK dengan mereka.

Teguh Hari Prasetyo, penanggung jawab program, lebih lanjut menjelaskan bahwa pertukaran pengalaman atau informasi setelah perpisahan program antara seniman dengan PSBK, juga berfungsi untuk mengetahui pantulan pengalaman yang sempat mereka dapatkan di PSBK. Selain cara mereka menghayati makna kemerdekaan itu sendiri, dengan seluruh tantangan setelahnya. Serta tidak lupa, pameran ini menjadi cara untuk mempercakapkan HUT ke-73 kemerdekaan Republik Indonesia; tawaran pemaknaan atasnya. Kemerdekaan, sebagai layaknya dongeng, masih membuka peluang untuk tafsiran dan bahkan tambahan baru. Kemerdekaan yang bukan hanya ‘dari’, melainkan juga kemerdekaan ‘untuk’.

Pembukaan pameran dilaksanakan pada 18 Agustus 2018, pukul 19.00 WIB di PSBK. Dihadiri oleh beberapa seniman seperti Butet Kartaredjasa, Nasirun, dan Ayu Laksmi. Pengunjung bisa menikmati karya seniman hingga 8 September 2018, pada Selasa – Sabtu, pukul 11.00 – 19.00 WIB atau melalui permintaan khusus ke nomor HP: 0821-4141-6252. Adapun artist talk sebagai side events RSR dilaksanakan pada 30 Agustus 2018, pukul 15.00 – 18.00 WIB di PSBK. Untuk mengikuti rangkaian kegiatan tersebut, pengunjung bisa mengakses informasi lebih lanjut melalui akun-akun media sosial PSBK.

 

Acara ini terselenggara dengan dukungan Bakti Budaya Djarum Foundation

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email
Close Menu
subscribe icon
Stay connected with PSBK.