Ruang Seni Rupa 3: Situs Peristiwa & Citra

Ruang Seni Rupa 3: Situs Peristiwa & Citra

 

Pada bulan September-Oktober 2019 PSBK akan menggelar platform pameran Ruang Seni Rupa edisi ke tiga di tahun 2019 dengan menampilkan arsip dokumentasi dan publikasi kegiatan-kegiatan PSBK dari masa ke masa. Dalam mewujudkan pameran ini PSBK mengundang Prasetya Yudha D.S. & Kurnia Yaumil Fajar sebagai Kurator. Pameran yang diberi tajuk “Situs Peristiwa & Citra” akan dibuka pada Sabtu, 14 September 2019 dan berlangsung sampai 26 Oktober 2019.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) bersama Bakti Budaya Djarum Foundation meneruskan investasi panjang dalam dukungan fasilitasi ruang presentasi karya seniman muda melalui program Ruang Seni Rupa. Pada Ruang Seni Rupa edisi ke tiga ini, PSBK akan menghadirkan arsip-arsip dokumentasi dan publikasi PSBK dari masa ke masa. Proses kuratorial dan produksi pameran berlangsung di kompleks art center PSBK  selama satu bulan sejak Agustus 2019.

PSBK mengundang Prasetya Yudha D.S dan Kurnia Yaumil Fajar untuk melakukan residensi sebagai kurator dalam mewujudkan pameran “Situs Peristiwa & Citra”. Mereka diberi kesempatan untuk membaca arsip-arsip dokumentasi & publikasi PSBK untuk kemudian mereka dapat memberi konteks, menyusun, dan menampilkannya. Kehadiran mereka berdua sebagai kurator dalam pameran kali ini juga sebagai upaya PSBK membuka ruang belajar bagi kurator muda untuk mengasah daya kuratorial. Sehingga, harapannya ruang ini tidak hanya terbatas sebagai ruang belajar bagi seniman-seniman muda untuk untuk berkarya dan berpameran, namun juga dapat membuka potensi ruang belajar yang lebih luas, dalam hal ini ruang belajar untuk kurator muda.

Situs Peristiwa & Citra berupaya untuk menengok dan meraba sari dari pergerakan-pergerakan kecil PSBK dalam menjalani sirkuitnya sebagai sebuah ruang pendidikan kreatif berbasis seni yang terbuka dan cair bagi publik. Melalui ragam situs peristiwa dan citra, pameran ini berharap bisa menjadi teropong kecil dalam menatap dan mendiskusikan pembelajaran seni ke depan.

Sejak berdirinya, PSBK berhasrat menjadi ruang pendidikan kreatif berbasis seni yang berkehendak menelurkan insan seni yang dinamis, peka, dan kritis terhadap lingkungannya. Hasrat ini menjadi awal pegangan dalam menyelami arsip PSBK selama empat puluh tahun lebih.

Pameran arsip publikasi dan dokumentasi PSBK dari masa ke masa menempati posisi sebagai situs dari peristiwa yang sudah pernah terjadi di dalam ruang PSBK. Pada saat yang sama, arsip tersebut juga sebagai situs atas citra yang selama ini mengejawantahkan diri melalui publikasi yang tersiar. Keduanya memiliki daya untuk memberikan kerangka, informasi, dan panduan untuk merumuskan hal yang akan dihadapi di masa depan.

Dokumentasi, khususnya foto dan video memunculkan gagasan mengenai PSBK sebagai sebuah ruang yang cair. Ruang di mana segala peristiwa di dalamnya hidup dengan gerak, gerakan, dan pergerakan. Baik dalam menjalankan pendidikan kreatif di dalam maupun  upaya berkontribusi pada hal yang terjadi di luar. Situs citra berupa poster, katalog, potongan artikel, dan buku program menjadi jejak representasi PSBK dari masa ke masa. Bagaimana gerak ruang dan peristiwa terartikulasikan melalui bahasa visual seperti corak, tata letak,  pemilihan warna, tipografi yang secara tidak langsung mewakili zamannya sendiri.

Selain pameran, rangkaian agenda Ruang Seni Rupa “Situs Peristiwa & Citra” juga meliputi Creative Talk dan peluncuran aplikasi digital Augmented Reality (AR) yang akan digelar pada 3 Oktober 2019 bertepatan dengan HUT PSBK ke-41. Creative Talks akan menggali tentang peran Desain Komunikasi Visual di bidang seni & kebudayaan dengan mengundang narasumber yaitu Butet Kartaredjasa, Ong Harry Wahyu, Farid Stevy Asta, dan Rizal Pamungkas. Creative Talk ini terbuka untuk masyarakat seni maupun umum yang tertarik dengan topik pembicaraan yang akan disampaikan. Sedangkan peluncuran aplikasi digital Augmented Reality (AR) akan menandai keberlanjutan inovasi PSBK dalam menyediakan akses seni pada masyarakat luas melalui media komunikasi baru.

Lokasi

Galeri Gedung Damarwulan, PSBK

Tanggal

14 September – 26 Oktober

Pameran harian buka pada pukul: 11.00-18.00

(Hari Senin, Minggu dan libur nasional tutup)

Opening

14 September 2019, 19.00 – 22.00

Dibuka oleh Hilmar Farid, Ph.D., Direktur Jenderal Kebudayaan KEMENDIKBUD RI

Creative Talk

3 Oktober 2019, 15.00-18.00

Anjangsana

8, 10, & 16 Oktober 2019, 08.30-12.00

Close Menu
subscribe icon
Stay connected with PSBK.