Dialog Lensa edisi Januari 2020

Dialog Lensa edisi Januari 2020

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) dengan bangga meluncurkan platform presentasi seni bidang fotografi dan multimedia, Dialog Lensa. Platform ini merupakan pengembangan program Public Arts Engagement di PSBK yang berkomitmen untuk menyediakan akses bagi masyarakat pada gagasan-gagasan kreatif khususnya fotografi melalui wadah kolaborasi dan presentasi yang terbuka.

Program presentasi fotografi Dialog Lensa hadir sebagai ruang ekspresi alternatif yang memungkinkan fotografer berkolaborasi dengan musisi, editor video, dan kreator lainnya dalam sebuah proses kreatif lintas disiplin yang difasilitasi proses kuratorialnya oleh PSBK. Masyarakat dapat ‘membaca’ karya berbasis fotografi dalam format tayangan multimedia melalui proyeksi layar lebar dan sistem tata suara yang baik.

Dialog Lensa yang merupakan pilot project didukung oleh tim kurator yang terdiri dari Doni Maulistya, Prasetya Yudha D.S., dan Kurnia Y. Fajar. Diharapkan melalui pelaksanaan perdananya ini Dialog Lensa dapat membuka berbagai kemungkinan kreatif bagi seniman fotografi dan multimedia dalam memberikan tawaran segar dalam mengekspresikan gagasannya.

Profile Tim Kurator

Doni Maulistya (1987) merupakan fotografer yang menempuh pendidikan formal fotografi di Institut Seni Indonesia di Yogyakarta. Namun, akhirnya dia lebih senang dengan pelatihan fotografi dokumenter yang dia ikuti di Angkor Foto Festival di Cambodia, dan Foundry Photo Workshop di Istanbul Turkey. Saat ini dia tinggal dan bekerja di Yogyakarta, seiring dengan praktek fotografi dokumenter yang dia lakukan secara personal, dia menyadari bahwa medium bukanlah satu bahasa tunggal. baginya, medium bersifat modular. Oleh karena itu, dia melakukan eksplorasi lebih lanjut dalam fotografi dan juga medium-medium selain fotografi. Dia selalu tertarik mengeksploarsi tema-tema dialektika sosial. Observasi dan Alih bahasa artistik adalah kunci dari metode bekerjanya. Hingga saat ini karya dan proyek seninya telah dipamerakan dalam berbagai platform baik secara nasional dan internasional.

Prasetya Yudha (1990) adalah seniman yang mengusung publikasi fotografi sebagai praktik artistik. Proyek seninya berada di persimpangan kerja penyuntingan dan kuratorial. Menjalankan sebuah kolektif publikasi foto multiplatform bernama SOKONG!

 Kurnia Yaumil Fajar (1996) adalah seorang peneliti yang memiliki ketertarikan terhadap arsip foto dan keterkaitannya dengan budaya visual. Menjalankan sebuah kolektif publikasi foto multiplatform bernama SOKONG!

Proses kreatif Dialog Lensa pada pelaksanaan perdana ini telah berlangsung sejak 18 Desember 2019 yang berlangsung di PSBK dan menampilkan karya fotografi multimedia yang berjudul:

Serakah
Kolaborasi antara:
Fotografer: Ulet Ifansasti
Komposisi & penampil musik: Jenar Kidjing
Video Editing:  Aditya Kresna

Merawat Lahan Puyang
Kolaborasi antara:
Fotografer:  Amalya Purnama
Komposisi musik: Hengga Tiyasa
Video Editing: Krisna E.Putranto

Room
Karya dari Annisa Rachmatika

Resistant
Karya dari Nona Yoanishara

Dedicated to the Routine, the One Who is Standing Before A
Karya dari Lin Junye

The Space Project
Karya dari Lin Junye