Terima kasih dan salam hangat dari Direktur Eksekutif Padepokan Seni Bagong Kussudiardja

Salam, selamat, dan terima kasih sedalam-dalamnya dari Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) atas dukungan serta capaian Anda yang telah diraih pada tahun 2022 ini. Sekali lagi, konektivitas dan kolaborasi yang mengagumkan bersama Anda semua telah mendukung dinamika tahun kreatif ini karena kita semua terus beradaptasi setelah ‘fenomena yang selamanya mengubah hidup kita’.

 

Tahun 2022 diawali dengan harapan bahwa resiliensi kita selama dua tahun belakangan mengembalikan semangat kolaboratif #BangkitBerkarya dalam interaksi bermakna antara pelaku seni dan audiens di ruang-ruang seni, termasuk di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK). Lebih menggembirakan lagi, dalam kesempatan pertemuan seniman dan budayawan bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara, presiden mendorong kegiatan seni budaya tetap harus berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

 

Rasa kangen bersentuhan dengan panggung PSBK akhirnya dapat dilunasi, memungkinkan seniman dan kurator untuk membawa pemikiran yang bermakna serta provokatif secara artistik. Dukungan bagi seniman melalui program Hibah Seni dalam mewujudkan karya pertunjukan ditampilkan di platform Jagongan Wagen dan festival Gugus Bagong 2022: Adaptasi. Dalam perayaan Gugus Bagong tahun ini, ruang-ruang PSBK khususnya galeri pameran mampu menyambut 498 pelajar, 107 guru dari 45 sekolah yang menawarkan interaksi edukatif atas arsip PSBK. Platform arsip Ingatan yang hadir sejak tahun lalu pula melengkapi layanan arsip statis PSBK yang dibuka setiap Selasa.

 

Kejutan menyenangkan lainnya adalah berbagai pertukaran kreatif berskala internasional yang terealisasi di PSBK. Dengan jarak yang sangat jauh baik secara digital maupun fisik, pertukaran dan wacana lintas budaya ini menyuguhkan hasil dan tawaran kreatif yang dinamis:

 

  • Kolaborasi TALA dari Inggris bersama musisi Indonesia Dipha Barus, Mario Zwinkle, Uji Hahan melahirkan Jukstaposisi
  • Residensi seniman dari AYA Danstheater (Belanda) dan Maharani Dance (Indonesia) serta presentasi pertunjukan ‘Tjampoer’ di panggung PSBK
  • Kolaborasi lintas negara yang merespon krisis iklim dan ekologi dalam sebuah film tari bersama ThisEgg (Inggris) melalui proyek motherEarth International. motherEarth International didukung oleh British Council Creative Commissions for Climate Action, sebuah program global yang mengeksplorasi perubahan iklim melalui seni, sains dan teknologi digital. motherEarthinternational.org
  • Setelah proyek The School of Hope, PSBK kembali bekerja sama dengan The Paper Birds dalam Empathy Spaces. Proyek ini merupakan sebuah eksperimen kreatif yang melibatkan seniman Inggris dan Indonesia tentang pertunjukan yang membicarakan tema ‘empati’ untuk segmen penonton anak muda.

 

 

Beradaptasi dalam spirit bangkit berkarya juga berarti investasi pada bibit-bibit pelaku kreatif masa depan. Ruang-ruang pengembangan bagi pelaku seni juga terwujud dalam Selisik Aksara dan Bina Kelola Seni serta Magang Tata Kelola Seni. Sebaliknya, PSBK juga merasa bersyukur atas kepercayaan pada SENI melalui kemitraan berkelanjutan dalam kolaborasi pengembangan SDM melalui jalur edukasi seni, Workshop Kreativitas Berbasis Seni, bersama Astra Credit Companies, Berijalan dan Waskita Karya. Kerjasama tersebut melanjutkan kehadiran wawasan baru terhadap dampak positif dari seni.

 

Kami selamanya merasa bersyukur dengan perjalanan yang luar biasa, diperkaya oleh begitu banyak orang dan mitra luar biasa. Menuju ke pertumbuhan dan keberlanjutannya, PSBK akan terus beradaptasi dalam peralihan tahun ke tahun selanjutnya. Hal tersebut tidak memungkinkan tanpa dukungan serta kekuatan bersama yang dikembangkan bersama dengan para mitra dan komunitas. Semuanya mewakili kegigihan jiwa manusia yang dijunjung tinggi oleh seni.

 

Selamat tahun baru dan semoga tahun 2023 akan menjadi ruang yang mampu mewujudkan cita-cita dan kesempatan menjanjikan bagi Anda semua.

 

 

Salam hangat,

Jeannie Park

Direktur Eksekutif Yayasan PSBK

 

 

 

****

 

Terima kasih yang mendalam kepada organisasi dan komunitas atas kerja samanya bersama PSBK sepanjang tahun 2022:

Ba(WA)yang

Cipta Suara Indonesia

Danstheater AYA

Dokumentasi Pertunjukan

Eko Prawoto Architecture Workshop

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Komunitas sekolah DIY

Komunitas sukarelawan

Maharani Dance

thisEgg and motherEarth International

PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Regional // Regional Alliance – Asialink Arts

Warga Dusun Kembaran, Tamantirto, Kasihan

 

Mitra pendukung program 2022:

Mitra media:

SHARE

subscribe icon
Stay connected with PSBK.