PSBK Menghadiri Program Regional // Regional di lutrawita/Tasmania

PSBK berkesempatan menghadiri program Regional // Regional di lutrawita/Tasmania, Australia pada 19 – 23 Februari 2024. PSBK telah menjadi anggota aliansi Regional // Regional sejak tahun 2022, dan aktif dalam pertukaran pengetahuan di Indonesia maupun advokasi kolaborasi kreatif Australia – Asia Tenggara. 

Kali ini, Jeannie Park selaku Direktur Eksekutif, mewakili PSBK untuk hadir di Tasmania. Sebagai lembaga kesenian yang mempunyai misi untuk terus memberikan dukungan terhadap inovasi artistik, pembelajaran kreatif, dan penyebaran pengetahuan, PSBK berkomitmen untuk menjembatani proses kolaborasi antara seniman-seniman atau seniman-masyarakat lintas disiplin maupun negara. Di antaranya dengan mengikuti serangkaian kegiatan, sesi diskusi, maupun sesi khusus bersama seniman dalam program Regional // Regional. PSBK juga menjadi salah satu narasumber dalam diskusi terbuka di Theatre Royal Hobart yang membicarakan tentang peran dan tanggung jawab organisasi seni dan festival regional terhadap konteks dan komunitas sosial masing-masing, Kamis (22/2/2024). 

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Asialink Arts untuk program Regional // Regional baru-baru ini di Tasmania. Apa yang dimulai dalam sebuah lingkaran penyambutan anggota aliansi, dengan sesi berbagi dan upaya kolaborasi yang luar biasa di berbagai tingkatan, berakhir dengan sebuah lingkaran ‘keluarga’ penjaga budaya dan komitmen untuk generasi mendatang,” ujar Jeannie Park. 

Regional // Regional merupakan inisiatif tiga tahunan yang diadakan oleh Asialink Arts (University of Melbourne) untuk memfasilitasi pertemuan 30 produser dan sutradara kreatif dari festival dan organisasi di seluruh Australia dan Asia Pasifik. Program ini resmi diluncurkan pada tahun 2022 yang terdiri dari pertemuan virtual dua kali sebulan, kolaborasi lintas budaya, penelitian, dan dua kali pertemuan tatap muka.

Pada penyelenggaraan kedua di tahun 2024, Regional // Regional bermitra dengan Yulgilbar Foundation, Circle 5, Konfir Kabo, Creative Australia, dan Theatre Royal Hedberg. Program ini diikuti oleh 23 produser/sutradara kreatif dari Australia, Indonesia, India, Filipina, Taiwan, Jepang, Kamboja, dan Vanuatu. Pertemuan tatap muka diadakan di lutrawita/Tasmania, sebuah negara kepulauan yang terletak 240 kilometer di sebelah selatan daratan utama Australia.

lutrawita/Tasmania merupakan salah satu wilayah di Australia yang menggunakan nama ganda palawa kani (bahasa yang “dihidupkan” kembali oleh penduduk asli Tasmania: Aborigin). Sebagai program yang dirancang untuk mengatasi hambatan flatform maupun festival tingkat regional untuk terlibat dalam forum-forum internasional, Regional // Regional memberi perhatian khusus pada isu first nations, penduduk asli (indigenous people), dan penghargaan atas keberagaman bagi komunitas regional. 

Selama lima hari, para produser dan sutradara kreatif saling bertukar wawasan dari wilayah masing-masing, membangun hubungan jangka panjang, serta mengembangkan inisiatif dan proyek strategis untuk diimplementasikan bersama. Serangkaian program dan diskusi dalam Regional // Regional menggutamakan penghormatan pada komunitas dan konteks sosial di Australia, Asia, dan Pasifik. Termasuk isu resiprositas (timbal balik) yang setara bagi komunitas/penduduk asli. Inisiatif ini diharapkan dapat memberikan dampak langsung pada aktivitas seni dan budaya, pengembangan audiens, dan penghargaan atas keberagaman.

Tentang Regional // Regional:

Regional // Regional adalah program tiga tahunan yang diluncurkan pada Agustus 2022 oleh Asialink Arts. Program ini mempromosikan kolaborasi antara 30 produser dan sutradara kreatif dari berbagai festival maupun organisasi regional di seluruh Australia, Asia, dan Pasifik. Tujuan Regional // Regional adalah mengatasi ketimpangan keterlibatan Asia Pasifik di Australia yang seringkali bias terhadap pusat-pusat perkotaan dan metropolitan. Program ini dirancang untuk memberikan dampak dan meningkatkan keterlibatan antara festival dan organisasi seni regional Australia, Asia dan Pasifik melalui pertukaran lintas budaya, berbagi pengetahuan, dan kolaborasi yang mengarah pada karya, program, dan peluang baru bagi komunitas regional. Baca lebih lengkap tentang program Regional // Regional melalui tautan berikut. 

Tentang Asialink:

Asialink merupakan inisiatif bersama antara Australian Government’s Commission for the Future dan the Myer Foundation yang didirikan pada tahun 1990. Asialink mewadahi kolaborasi kreatif antara Australia – Asia melalui program-program yang berkaitan dengan seni budaya, bisnis, diplomasi, dan pendidikan. Inisiatif yang dinaungi oleh University of Melbourne ini bertujuan untuk mewujudkan masa depan yang cerah dan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Tentang PSBK:

Melanjutkan spirit maestro seni Bagong Kussudiardja, PSBK mewujudkan diri sebagai art-center dengan misi mendukung pengembangan kreatif seniman dan masyarakat umum untuk terus terhubung pada nilai-nilai seni dan budaya, keberlanjutannya, dan penciptaan nilai-nilai budaya melalui seni. PSBK hadir sebagai laboratorium kreatif, tempat berkumpul, dan ruang presen tasi karya seniman dari berbagai disiplin. PSBK menghadirkan karya seniman-seniman muda, fasilitasi riset-riset artistik dan pengembangan profesional seniman maupun masyarakat umum, dan merancang program-program untuk meningkatkan community engagement dan pengembangan jaringan, melalui kesenian.

SHARE

subscribe icon
Stay connected with PSBK.