Gambar Bergerak – Bumi Berputar, Zaman Beredar

Gambar Bergerak kembali hadir di bulan Mei 2021 dengan susunan film yang diberi judul Bumi Berputar, Zaman Beredar. Pemutaran akan dilaksanakan pada Jumat, 28 Mei 2021,  pukul 15.00 WIB dan pukul 19.00 WIB di Gedung Layang-layang Padepokan Seni Bagong Kussudiardja. Programer dari pemutaran edisi Mei ini adalah Alia Damaihati yang merupakan anggota Forum Film Dokumenter.

Catatan Program >> Bumi Berputar, Zaman Beredar

Informasi adalah satu dari banyak hal yang dikonsumsi sebagaian besar masyarakat dunia tiap harinya. Peristiwa demi peristiwa yang terjadi dikabarkan melalui berbagai lini digital. Seperti halnya situasi pandemi, agraria, ketimpangan kelas, gender, hingga bagaimana mendefinisikan isu pinggiran, menjadi isu dunia yang saling berkaitan dengan berbagai sektor dan variabelnya. Melalui tajuk Bumi Berputar, Zaman Beredar, Gambar Bergerak menghadirkan 5 film pendek yang memperbincangkan berbagai perspektif isu dengan pilihan gaya bercerita.

Isu merepresentasikan sebuah kesenjangan antara praktik korporasi dan harapan-harapan para pemangku kepentingan dengan konsekuensinya. Sebuah delusi dalam What Day Is Today (2015) menelusur sebab akibat dari memori kolektif dan testimoni antargenerasi. Rekaman gambar arsip secara lebih harafiah pada Then Then Then (2015) memunculkan ironi-ironi kecil dan berseberangan yang mengingatkan bahwa adakalanya kita harus menahan diri agar suara lain dapat terdengar.

Individu hidup dalam sebuah teritori yang tidak hanya menjelaskan wilayah edarnya. Far Is Here (2015) dan Violeta (2014) memberi pengaruh cara pandang individu dalam memahami dan menjelaskan siapa dirinya. Sementara, Sisa Suara (2020) dan Memories/Fortress (2020) memberikan pemaknaan terhadap individu dan masa kini yang menjadi latar waktunya.

_
Gambar Bergerak merupakan program pemutaran regular yang digagas oleh PSBK dan bekerja sama dengan Forum Film Dokumenter. Bertujuan untuk menghadirkan ruang tonton alternatif yang menawarkan wacana kontekstual melalui pilihan film yang diputar. Pada saat yang bersamaan, ruang ini sekaligus menjadi ruang pembelajaran dan pengayaan wawasan tentang film itu sendiri.

 

SHARE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email
subscribe icon
Stay connected with PSBK.